Slovenia Bungkam Portugal 2-0, Ronaldo Cs Gagal Mengancam Gawang Oblak

 

Ljubljana, Slovenia – Timnas Slovenia berhasil meraih kemenangan mengejutkan atas Portugal dengan skor 2-0 dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung di Stadion StoĹžice, Ljubljana, pada Rabu (27/3/2024) dini hari WIB. Kekalahan ini menjadi tamparan keras bagi Portugal asuhan Fernando Santos, yang diperkuat oleh megabintang Cristiano Ronaldo.

Slovenia membuka keunggulan pada menit ke-28 melalui gol bunuh diri Pepe. Bek veteran Portugal tersebut gagal mengantisipasi umpan silang Jaka Bijol, sehingga bola berbelok arah dan masuk ke gawang sendiri. Portugal mencoba bangkit dan menyamakan kedudukan, namun mereka kesulitan menembus pertahanan solid Slovenia yang dikawal oleh kiper Jan Oblak.

Pada babak kedua, Slovenia justru semakin memperlebar keunggulan mereka. Pada menit ke-81, Timi Elsnik melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tidak mampu dihalau oleh Diogo Costa. Gol Elsnik ini memastikan kemenangan 2-0 bagi Slovenia.

Performa Melempem Ronaldo

Cristiano Ronaldo, yang kembali menjadi kapten Portugal, tampil kurang greget dalam pertandingan ini. Pemain berusia 37 tahun tersebut jarang mendapatkan peluang emas dan gagal mengancam gawang Jan Oblak. Ronaldo bahkan sempat mendapatkan kartu kuning pada menit ke-60 setelah melakukan pelanggaran keras.

Analisis Pertandingan

Slovenia tampil disiplin dan efektif dalam pertandingan ini. Mereka memanfaatkan dengan baik kesalahan Portugal dan mampu menciptakan peluang berbahaya. Performa gemilang Jan Oblak di bawah mistar gawang Slovenia juga menjadi kunci kemenangan mereka.

Portugal, di sisi lain, tampil mengecewakan. Mereka kurang kreatif dalam membangun serangan dan mudah kehilangan bola di lini tengah. Performa Ronaldo yang kurang maksimal juga menjadi salah satu faktor penyebab kekalahan Portugal.

Kesimpulan

Kekalahan ini menjadi alarm bagi Portugal untuk segera berbenah diri sebelum mereka memulai babak kualifikasi Euro 2024. Sementara itu, Slovenia patut bangga dengan kemenangan ini dan mereka menunjukkan bahwa mereka mampu bersaing dengan tim-tim besar di Eropa.

Fakta Menarik

  • Ini adalah kekalahan pertama Portugal dalam pertandingan persahabatan sejak September 2021.
  • Slovenia berhasil meraih kemenangan pertama mereka atas Portugal dalam sejarah pertemuan kedua tim.
  • Cristiano Ronaldo gagal mencetak gol dalam dua pertandingan terakhirnya bersama Portugal.

Pemain Kunci

  • Jan Oblak (Slovenia): Melakukan beberapa penyelamatan penting untuk menjaga gawang Slovenia.
  • Timi Elsnik (Slovenia): Mencetak gol kedua Slovenia yang memastikan kemenangan timnya.
  • Pepe (Portugal): Membobol gawang sendiri dan membuat Portugal tertinggal.

Pasca Pertandingan

Fernando Santos, pelatih Portugal, mengaku kecewa dengan performa timnya. Ia mengatakan bahwa Portugal harus segera bangkit dan belajar dari kesalahan mereka.

“Ini adalah hasil yang mengecewakan,” kata Santos. “Kami harus segera bangkit dan belajar dari kesalahan kami. Kami memiliki banyak pertandingan penting di depan, dan kami harus siap untuk bersaing.”

Sementara itu, Matjaz Kek, pelatih Slovenia, memuji performa timnya. Ia mengatakan bahwa Slovenia pantas mendapatkan kemenangan ini.

“Saya sangat bangga dengan para pemain saya,” kata Kek. “Mereka bermain dengan disiplin dan semangat. Kami pantas mendapatkan kemenangan ini.”