Perencanaan Keuangan Keluarga Khususnya Yang Akan Memiliki Anak

Perencanaan Keuangan Keluarga – Bagi Anda yang telah menikah dan akan segera memiliki seorang bayi. Maka Anda tentu akan sangat bersemangat untuk mengatur segala sesuatunya dengan baik.

Hal ini sangat wajar, terutama jika ini akan menjadi kelahiran pertama di dalam rumah tangga Anda. Bisa dipastikan Anda dan pasangan akan memiliki segudang rencana terkait degan kehadiran si kecil nanti. Bayi membutuhkan banyak perhatian dan juga perawatan.

Bahkan jauh sebelum mereka lahir ke dunia ini. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan, mengapa sangat penting bagi anda dan pasangan untuk mempersiapkan segala kebutuhannya sejak awal.

Bagaimanapun juga, sebagai orangtua Anda dan pasangan tentu akan selalu menginginkan yang terbaik bagi kebutuhan si kecil. Ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dalam menyambut kelahiran anak, beberapa di antaranya bahkan akan membutuhkan sejumlah dana yang cukup besar.

Hal ini kerap akan membuat kondisi keuangan Anda menjadi berbeda dari sebelumnya. Untuk itu, sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk melakukan perencanaan keuangan kembali dari awal.

Perencanaan Keuangan Keluarga Khususnya Yang Akan Memiliki Anak

Perencanaan Keuangan Keluarga Khususnya Yang Akan Memiliki Anak
Perencanaan Keuangan Keluarga

Banyak tambahan biaya yang akan hadir di dalam pos pengeluaran Anda setelah kelahiran bayi Anda nanti. Sehingga Anda akan membutuhkan beberapa penyesuaian di dalam keuangan rumah tangga Anda.

[irp]

Rencanakan Kembali Perencanaan Keuangan Keluarga Dari Awal

Bukan hanya sebelum kelahirannya saja. Namun Anda juga akan membutuhkan sejumlah biaya yang cukup besar dalam merawat dan membesarkan anak Anda.

Hindari berbagai masalah keuangan di dalam rumah tangga Anda, terutama setelah Anda memiliki anak nanti. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membuat perencanaan keuangan yang baru.

Sebab beberapa penyesuaian akan dibutuhkan di dalam keuangan Anda dan pasangan. Di dalam perencanaan keuangan yang baru, tempatlah beberapa pos pengeluaran yang seimbang, terkait dengan kebutuhan anak Anda nanti.

Ini akan membuat kondisi keuangan tetap stabil dan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Meskipun terdapat beberapa pos pengeluaran yag baru di dalamya. Perencanaan keuangan ini bersifat jangka panjang.

Jadi pastikan Anda dan pasangan benar-benar menyusunnya sesuai dengan kemampuan keuangan yang Anda berdua miliki. Penting untuk tidak menghilangkan atau menganggu beberapa pos wajib dan vital di dalam keuangan Anda, misalnya: kebutuhan pokok, tabungan, investasi, dan juga asuransi.

Hal ini akan membantu Anda untuk bisa tetap menjalankan rumah tangga Anda dengan baik dan normal, sebagaimana sebelum kelahiran anak Anda tersebut.

Bukan hanya itu saja, pos pengeluaran vital ini juga akan sangat berpengaruh pada kualitas kehidupan rumah tangga Anda, jadi penting untuk tetap menjaga keberadaannya.

Rencanakan kembali keuangan rumah tangga Anda, berikut ini adalah beberapa penyesuaian yang penting untuk Anda lakukan di dalam keuangan:

Rencanakan Keuangan Keluarga Untuk Biaya Melahirkan

zonkeu-7 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Keluarga bagi yang Berpenghasilan Tidak Tetap

Anda dan pasangan akan membutuhkan sejumlah dana untuk menyambut kelahiran si kecil, yakni dana melahirkan. Sangat penting untuk menganggarkan biaya ini di dalam keuangan. agar semua proses melairkan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Biaya ini akan tergantung proses melahirkan yang dijalani ibu, yakni pilihan melahirkan dengan proses normal atau melahirkan dengan proses caesar. Kedua proses ini tentu akan membutuhkan biaya yang jauh berbeda.

Jika persalinan normal membutuhkan biaya sekitar Rp 2 juta, maka persalinan caesar bisa saja mencapai sekitar Rp 10 jutaan. Hal ini masih akan dipengaruhi dengan pilihan kelas serta rumah sakit tempat bersalin nanti.

Jadi Anda perlu mencari tahu besaran biaya ini terlebih dahulu secara rinci. Penggunaan layanan BPJS Kesehatan atau asuransi swasta lainnya juga akan ikut mempengaruhi jumlah biaya bersalin ini.

Jika Anda dan pasangan adalah peserta BPJS / asuransi swasta, maka biaya akan ditanggung oleh pihak BPJS / asuransi (sesuai dengan ketentuan dari pihak terkait). Namun jika ternyata Anda dan pasangan tidak memiliki asuransi, maka seluruh biaya akan ditanggung sendiri oleh Anda.

[irp]

Rencanakan Keuangan Keluarga Untuk Kebutuhan Ibu dan si Kecil Setelah Kelahiran

Bukan hanya saat melahirkan saja, namun setelah melahirkan ibu dan bayinya juga akan membutuhkan sejumlah perawatan. Ibu dan bayi masih akan menjalani rawat jalan dan pemeriksanaan secara berkala pasca melahirkan.

Untuk ibu, akan ada proses pemulihan dan hal ini akan dilakukan di bawah pengawasan dokter. Sedangkan bayi, akan membutuhkan sejumlah pemeriksaan rutin. Termasuk proses imunisasi secara berkala. Semua ini akan membutuhkan biaya.

Sehingga sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk membuatnya di dalam anggaran keuangan Anda yang baru. Besaran biaya perawatan ini juga masih akan sangat tergantung pada pilihan rumah sakit / klinik, serta penggunaan fasilitas BPJS / asuransi yang Anda gunakan bersama pasangan.

Biaya Tambahan di Dalam Anggaran Keuangan Keluarga

Cara Mudah Manajemen Keuangan Keluarga Dengan Gaji Kecil

Selain biaya perawatan kesehatannya, si kecil juga akan memiliki sejumlah kebutuhan rutin, misalnya: popok, pakaian, susu (jika menggunakan susu formula), vitamin, serta berbagai kebutuhan lainnya yang dibutuhkan dalam pertumbuhannya.

Semua kebutuhan ini akan membutuhkan biaya yang cukup besar, terutama jika si kecil akan mengkonsumsi susu formula sebagai asupan makanan utamanya.

Penting bagi Anda untuk menghitung dan membuat rincian yang jelas menganai kebutuhan si kecil ini sejak awal. Agar Anda tidak mengalami kesulitan untuk memenuhi semua kebutuhannya dengan baik.

Jika dibutuhkan, Anda bisa memotong dan mengalokasikan berbagai pos pengeluaran lainnya yang tidak begitu penting di dalam keuangan, misalnya: biaya hiburan dan hobi, biaya makan di luar / restoran.

[irp]

Perencanaan Biaya Kesehatan dan Asuransi si Kecil

Selain kebutuhan bulanan di atas, si kecil juga akan membutuhkan perawatan kesehatan, jika sewaktu-waktu si kecil sakit dan mengalami gangguan kesehatan. Jumlah ini bisa saja besar, sebagaimana ketika Anda sakit.

Antisipasi biaya kesehatan si kecil dengan tepat, yakni dengan menyertakannya dalam asuransi kesehatan sejak awal. Beberapa layanan asuransi bahkan memiliki layanan seperti ini sejak si kecil masih dalam kandungan / sebelum dilahirkan.

Pilih asuransi dengan pertanggungan yang tepat, sehingga penggunaannya memang sesuai dan tepat pada sasaran.

Perencanaan Keuangan Keluarga Untuk Biaya Persiapan Pendidikan si Kecil

Pendidikan menjadi salah satu hal terpentig yang wajib Anda persiapkan dengan sangat baik sejak awal. Pendidikan akan menjadi bekal bagi masa depan anak, sehingga sangat tepat jika Anda memberikan perhatian khusus terkait dengan hal ini.

Biaya pendidikan saat ini sangat tinggi, apalagi di masa yang akan datang saat anak Anda akan membutuhkannya. Pastikan Anda merencanakan biaya pendidikan anak dengan baik dan tepat, bahkan sejak mereka masih bayi.

Alokasikan sejumlah dana untuk kebutuhan ini, dan Anda juga bisa mengelolanya dalam berbagai instrumen investasi yang tepat. Kelahiran anak akan membawa banyak perubahan di dalam hidup Anda dan pasangan, termasuk di dalam keuangan Anda.

[irp]

Untuk itu, selalu rencanakan keuangan keluarga Anda dengan baik, lakukan penyesuaian yang tepat. Agar anak bisa tumbuh dengan perawatan dan pendidikan yang terbaik di masa yang akan datang.

Leave a Comment