Pengertian dan Manfaat Asuransi Mikro

Pengertian dan manfaat asuransi mikro akan kami bahas lebih lanjut dalam artikel ini. Asuransi tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Berbagai kalangan sudah memanfaatkan adanya layanan asuransi yang disediakan oleh pemerintah ataupun perusahaan konvensional. Sejak adanya asuransi bentukan pemerintah yang lebih merakyat, masyarakat Indonesia kini lebih banyak yang memahami akan pentingnya asuransi.

Tak hanya masyarakat menengah ke atas, namun masyarakat menengah ke bawah pun bisa merasakan layanan asuransi. Terlebih saat ini sudah banyak tersedia layanan asuransi mikro.

Pengertian dan Manfaat Asuransi Mikro

Pengertian dan Manfaat Asuransi Mikro

Jadi sebenarnya apa asuransi mikro itu? Asuransi mikro merupakan produk asuransi yang ditujukan kepada masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah. Selain harganya yang lebih ringan, asuransi mikro ini juga memiliki proses penyelesaian yang lebih mudah. Sehingga asuransi mikro ini lebih mudah dipahami oleh masyarakat menengah ke bawah.

Manfaat Asuransi Mikro

Manfaat Asuransi mikro ini memiliki beberapa karakteriktis, diantaranya ialah sederhana, ekonomis, mudah, dan juga segera. Asuransi mikro juga memiliki beragam manfaat bagi penggunanya. Adapun manfaat asuransi mikro adalah sebagai berikut:

1. Dapat digunakan dengan lebih mudah

Jenis Asuransi mikro ini mampu memberikan kemudahan bahkan bagi orang belum pernah memakal layanan asuransi. Asuransi jenis ini mampu memberikan manfaat perlindungan dasar terhadap risiko yang sudah umum dihadapi masyarakat.

Asuransi mikro dapat digunakan dengan mudah karena mempunyai fitur,proses, administrasi, dan juga polis yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan asuransi pada umumnya. Sehingga siapapun bisa memanfaatkan, dan dengan mudah memahami asuransi mikro ini.

Selain itu, asuransi mikro juga lebih mudah untuk diperoleh karena dapat dengan mudah dijumpai di lingkungan umum masyarakat seperti misalnya di supermarket, minimarket, kantor pos, koperasi, pegadaian, lembaga keuangan mikro dan tempat-tempat umum lainnya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Lembaga Keuangan di Indonesia dan fungsinya

2. Lebih sederhana dan lebih sedikit pengecualian

Asuransi mikro memiliki system yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan asuransi non mikro. Selain system yang digunakan, bentuk polis asuransi mikro juga lebih sederhana dan mudah dimengerti.

Hal ini berbeda dengan asuransi non mikro yang kadang bentuk polis berlembar-lembar, lebih sukar dipahami, bahkan kadang berbentuk seperti buku. Selain itu, asuransi mikro juga mempunyai pengecualian yang lebih sedikit jika dibandingkan asuransi non mikro.

Baca Juga: Pengertian Polis Asuransi dan Cara Tepat Memilihnya

3. Memiliki nilai yang lebih ekonomis

Disebut lebih ekonomis karena premi yang dibayarkan juga lebih ringan. Sehingga asuransi jenis ini dapat digunakan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Namun meskipun nominal premi lebih rendah, bukan berarti manfaat yag diberikan juga rendah. Meskipun dengan premi yang lebih murah namun asuransi ini mampu memberikan manfaat yang lebih optimal.

4. Pembayaran klaim yang lebih cepat dan tidak ribet

Manfaat selanjutnya yang dapat diberikan oleh asuransi mikro ialah, pembayaran klaim dapat dilakukan segera setelah terjadinya risiko.

Ini dilakukan karena sebagian masyarakat berpenghasilan rendah tidak memiliki tabungan lebih untuk menanggung risiko yang dialaminya. Oleh karena itu, asuransi mikro tentu sangat bermanfaat untuk menanggung beban risiko.

Baca Juga: Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Jasa Raharja Yang Mudah

Nah dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa asuransi mikro memiliki manfaat yang lebih apabila dibandingkan dengan asuransi non mikro. Meskipun pembayaran premi yang relative lebih ekonomis, namun manfaat yang diberikan pun juga lebih optiman.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian dan manfaat asuransi mikro yang dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin memanfaatkan layanan asuransi mikro.

Leave a Comment