Ingin Mengajukan Kredit Kendaraan? 5 Hal Ini Harus Anda Perhatikan

Saat ini banyak sekali kita jumpai orang mulai banyak mengajukan kredit kendaraan. Kebutuhan akan kendaraan saat ini menjadikannya perannya dari kebutuhan sekunder menjadi kebutuhan utama (primer.

Sehingga dalam memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan budget khusus untuk dapat atau ingin memilikinya. Ini bukan tanpa sebab di zaman sekarang, pasalnya angkutan umum dirasa kurang memberi kenyaman bagi penumpangnya.

Bukan hanya itu saja kadang juga penumpang kendaraan umum beresiko menjadi korban tindak kejahatan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga pada akhirnya masyarakat lebih memilih ke model transportasi pribadi.

Misalnya seperti kendaraan roda dua maupun roda emapat (sepeda motor dan mobil ). Namun permasalahannya dengan memilih untuk menggunakan transfortasi pribadi hal yang penting harus dimiliki tentu kendaraan pribadi.

Sebelum Mengajukan Kredit Kendaraan, Sebaiknya Perhatikan 5 Hal Ini

Ini tidak akan menjadi masalah bagi yang mempunyai cukup uang untuk membeli kendaraan, namun bagi yang penghasilannya dibawah standar ini akan menjadi masalah tersendiri, dan mau tidak mau harus berhutang atau biasa disebut dengan kredit kendaraan.

Wajar saja jika sekarang ini masyarakat berlomba-lomba untuk mengajukan kredit kendaraan, karena memang dalam hal ini diberikan kebudahan oleh sebagian penyedia kredit.

Prosesnya yang cepat serta pembayarannya lebih ringan karena menggunakan cara dicicil setiap bulannya. Perlu diketahui juga untuk keperluan tersebut mau tidak mau dalam hal ini tentu memerlukan pengelolaan keuangan yang baik.

Agar nantinya anda tidak mengalami kesusahan dinannsial karena harus membayar kredit kendaraan yang diambil.

[irp]

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengajukan Kredit Kendaraan

Untuk itu sebelum anda memutuskan untuk kredit kendaraan sebaiknya memerhatikan hal-hal penting yang perlu diperhatikan agar kondisi keuangan tetap baik walaupun akan ataupun sudah melakukan kredit kendaraan.

1. Pastikan Bahwa Penghasilan Memang Sudah Mumpuni

Komponen satu ini termasuk ke salah satu komponen utama yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengajukan kendaraan yang anda inginkan.

Paling tidak sedikitnya 30 persen dari penghasilan yang didapat setiap bulannya bisa digunakan sebagai anggaran untuk membayar cicilan tersebut.

Jika 30 persen dari penghasilan setiap bulannya tidak mencukupi digunakan untuk membayar cicilan kendaraan yang akan diambil, saya sarankan jangan terlalu memaksakan diri ataupun nekat untuk kredit kendaraan.

Alasan ini bukan tanpa sebab, mungkin sekali dua kali setiap bulannya cicilan masih sanggup bayar, namun suatu saat pasti akan merasakan betapa sulitnya mengatur keuangan bulanan dan ujung-ujungnya setengah jalan anggaran untuk membayar kredit macet.

Dengan kredit macet karena tidak mampu membayar cicilan dan menyerah di pertengan jalan. Nah, tentu saja anda tidak ingin bukan mengalami hal seperti demikian?

Sehingga selain mengalami kerugian apa bila kendaraan diambil atau ditarik oleh dealer dan ini juga akan mengakibatkan kedepannya akan mengalami masalah finansial juga tentunya.

[irp]

2. Sebaiknya Sebelum Kredit Kendaraan Sudah Memiliki Penghasilan Tetap

Penghasilan mumpuni saja masih belum tentu bisa diandalkan dan cukup untuk membayar cicilan setiap bulannya. Syarat pelengkap dibutuhkan untuk penjelasan sebelumnya adalah mempunyai pekerjaan tetap ataupun penghasilan tetap perbulannya.

Kebanyakan kasus sekarang ini misalnya seperti mempunyai penghasilan mumpuni namun kerjanya masih kontrak, hal ini yang bisa membuat kredit kendaraan juga putus di tengah jalan (kredit macet).

Bayangkan saja jika kita kerja kontrak 1 tahun, kemudian kita memutuskan untuk mengajukan kredit kendaraan, logikanya kita mungkin hanya bisa membayar cicilan 12 kali saja alias 1 tahun sesuai kontrak kerja kita.

Selanjutnya bagaimana untuk melanjutkan pembayaran cicilan tersebut? Jika kita diperpanjang ataupun mendapatkan pekerjaan baru lagi dengan cepat mungkin tidak masalah.

Tetapi sebaliknya jika kita diputus kontrak dan sulit mendapatkan pekerjaan baru, pastinya kita akan kebingungan untuk membayar cicilan setiap bulannya. Saya sarankan untuk mempertimbangkan syarat yang satu ini.

3. Pastikan Bahwa Kredit Kendaraan Sudah Satu Paket Dengan Asuransi

Asuransi memang sangat diperlukan apa bila ingin memutuskan untuk mengajukan kredit kendaraan. Asuransi disini fungsi utamanya adalah membantu kreditur pada saat mengalami kesulitan.

Seperti contohnya kehilangan kendaraan pada saat masa kredit masih berjalan. Kejadian seperti ini tentunya tidak diinginkan oleh semua orang, tapi namanya hidup siapa yang tau, kalau suatu saat mendapatkan cobaan seperti itu baru anda akan mulai berfikir dan ini sudah terlambat.

Fungsi asuransi dalam kredit kendaraan adalah sebagai dana cadangan yang ditanggung pihat ketiga. Hal ini untuk membantu mendapatkan penggantian kendaraan baru.

Ini jika terjadi suatu hal sesuai kesepakatan tentunya pada awal pengambilan kredit baik motor maupun mobil. Meskipun hal ini pada dasarnya anda harus membayar cicilan mulai dari awal lagi, setidaknya dengan adanya asuransi bisa meringankan sedikit beban.

Jangan sampai anda kehilangan kendaraan, kemudian tidak ada yang mengcovernya. Oleh sebab itu asuransi mempunyai peranan yang cukup penting dalam kredit kendaraan.

[irp]

4. Hitung Estimasi Jangka Waktu Pembayaran Cicilan Kredit Kendaraan Dengan Tepat

Perhitungan tepat dan matang memang sangat diperlukan sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit kendaraan. Salah satunya adalah sebagai calon kreditur kendaraan harus bisa menentukan berapa lama akan mencicilnya.

Fungsi menentukan estimasi pembayaran adalah, agar kita mempunyai target, sehingga nantinya diharapkan akan lebih bersemangat untuk bekerja. Dan dapat melunasi semua cicilan sesuai dengan estimasi waktu yang sudah anda tetapkan sesua kesepakatan dengan pihak dealer.

Kebanyakan orang menentukan estimasi waktu pembayaran dengan berbagai pertimbangan dan sudah difikirkan sebelumnya, hasilnya pun akan sesuai dengan apa yang direncanakan.

Sebaliknya jika Ingin mengajukan kredit kendaraan, tapi belum memperhitungkan dengan benar berapa lama jangka waktu diambil. Kebanyakan akan mengalami beberapa masalah saat proses pembayaran cicilan mulai berjalan.

Catatan penting bagi anda dan wajib diingat, pemilihan jangka waktu yang terlalu cepat akan membuat cicilan menjadi relatif lebih besar. Jadi harus diperhatikan dan juga pahami mengenai hal tersebut.

5. Periksalah Kelengkapan Dokumen Setelah Kredit Kendaraan Lunas

Setelah dinyatakan lunas terhadap pembayaran cicilan kendaraan tersebut, sebaiknya segera mengambil hak-hak seperti halnya dokumen-dokumen yang nantinya akan menjadi bukti kepemilikan bagi anda.

Jangan lupa lakukan pemeriksaan dengan cermat dan teliti sebelum meninggalkan lokasi. Dimana anda melakukan transaksi. Jika memang sudah benar-benar lengkap dan tertulis sesuai dengan nama.

Maka anda bisa tenang karena kendaraan tersebut sudah sepenuhnya menjadi hak milik. Dapat diambil kesimpulan bahwa beberapa tips di atas mengenai pengelolaan keuangan yang baik untuk kredit kendaraan.

Mungkin tips ini bisa menjadi bahan pembelajaran dan juga referensi anda pada saat akan mengajukan atau pun sudah menjalaninya.

[irp]

Leave a Comment