Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Asuransi untuk Keluarga

Hal yang perlu diketahui sebelum memilih asuransi untuk keluarga ada banyak sekali. Salah satunya yang paling penting adalah pastikan asuransi yang Anda pilih memberikan banyak manfaat untuk Anda serta mudah untuk mengajukan klaim.

Untuk apa Anda mengorbankan sejumlah uang hanya untuk manfaat yang tidak sepadan?. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas seputar tips memilih asuransi yang tepat, khususnya dalam memilih asuransi untuk keluarga.

Apa saja yang perlu diperhatikan secara khusus serta bagaimana tips melakukan negosiasi terhadap pihak asuransi akan dibahas secara terperinci pada ulasan berikut ini.

Wajib Perhatikan sebelum Memilih Asuransi untuk Keluarga

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Asuransi untuk Keluarga
Memilih asuransi untuk keluarga

1. Pastikan Anda paham perihal detail produk asuransi yang akan dipilih.

Ini berhubungan dengan manfaat yang akan Anda dapatkan dan tidak lupa pula rincian biaya premi. Sebenarnya, Anda bisa mendapatkan jawabannya dengan mudah saat melakukan tanya jawab kepada pihak agen asuransi.

Namun, tidak semua penjelasan atas informasi yang diberikan oleh agen asuransi harus Anda telan mentah – mentah. Anda juga perlu meminta klausul mana di polis yang menjelaskan tentang manfaat yang mungkin telah dikatakan oleh agen tersebut.

Lebis jelasnya silahkan baca: Pengertian Polis Asuransi dan Cara Tepat MemilihnyaContoh yang paling sederhana. Anda perlu mengetahui besaran premi serta plafon yang diberikan.

Tidak cukup sampai di situ saja, Anda juga berhak untuk meminta penjelasan perihal mekanisme klaim. Kemudian bertanya seputar reimburse atau sistem kartu atau hal lainnya.

Terutama yang berkaitan dengan sistem pembayaran, Hal ini penting agar kedua belah pihak merasa sama – sama diuntungkan, terutama pihak Anda sebagai klien.

2. Seberapa banyak rumah sakit yang bekerja sama dengan pihak asuransi

Menjadi pertimbangan penting untuk mengetahui berapa banyak rumah sakit yang bekerja sama dengan pihak asuransi yang Anda pilih?. Seberapa dekat jarak rumah sakit tersebut dengan lokasi Anda tinggal atau lokasi yang sering Anda kunjungi saat sakit.

Itu semua penting yang patut Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli jasa dari sebuah perusahaan asuransi.

Semakin besar perusahaan asuransinya, maka jaringan rumah sakit yang bekerja sama dengannya juga akan semakin banyak dan tersebar secara merata atau mudah untuk dijumpai.

Jangan sampai Anda harus susah payah mencari rumah sakit tertentu. Hanya karena itulah satu – satunya rumah sakit yang dapat menerima layanan asuransi Anda.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk memilih perusahaan asuransi yang terbesar dan terpercaya agar saat dibutuhkan. Anda tidak perlu mengeluarkan usaha yang besar untuk mendapatkan hak Anda.

Sebaiknya juga rumah sakit yang bekerja sama dengannya dekat dengan lokasi yang sering Anda kunjungi sehari – hari.

Alangkah lebih baik lagi apabila mereka memiliki rujukan dokter langganan yang sudah dirujuk pada rumah sakit tertentu. Sehingga Anda akan lebih dimudahkan nantinya serta tentunya hal ini menguntungkan bagi Anda.

[irp]

3. Jangan berlebihan dalam mengambil produk yang tersedia dalam suatu asuransi.

Pilih yang hanya kira – kira sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena biasanya dalam membeli sebuah produk asuransi, besaran biaya premi yang harus Anda tanggung berbanding lurus dengan manfaat yang akan Anda dapatkan.

Ini berarti, semakin banyak manfaat yang diberikan tentunya akan semakin mahal biaya yang harus Anda keluarkan. Bisa saja itu dialokasikan untuk kebutuhan lain yang lebih penting dan mendesak.

Jangan pula terjebak dengan berbagai penawaran menarik seperti potongan harga misalnya. Sebagai contoh, terdapat layanan perlindungan tambahan terhadap berbagai macam penyakit mematikan dengan biaya premi yang cukup murah.

Sebenarnya Anda juga tidak terlalu membutuhkan layanan tersebut dan kalau dilihat – lihat, justru Andalah yang akan dirugikan nantinya.

Demikianlah pembahasan seputar hal – hal yang wajib Anda perhatikan sebelum memilih asuransi untuk keluarga yang tepat.

Leave a Comment