Cara Pinjam Uang di Bank BRI agar Lolos dan Cepat Cair

Cara pinjam uang di Bank BRI – Sebagai bank tertua di Indonesia, BRI tentunya menawarkan layanan kredit dengan berbagai tipe yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Terlebih, bunga pinjaman yang ditawarkan pun cukup rendah sehingga dapat menjangkau semua kalangan baik itu perorangan, UMKM, maupun pengusaha kelas atas.

Lalu bagaimana cara pinjam uang di Bank BRI? Apa saja produk kredit yang disediakan oleh Bank BRI? Dan apakah pengajuan pinjamannya pasti diterima? Nah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, silakan ikuti terus informasinya yang kami ulas detail dalam artikel ini.

Jenis Pinjaman Kredit Bank BRI

Sebenarnya, ada lebih dari 15 jenis pinjaman BRI yang masing-masing disesuaikan dengan sasaran segmentasi masyarakat. Namun, kali ini akan kami berikan beberapa contoh jenis pinjaman Bank BRI yang terpopuler:

a)      KUR (Kredit Usaha Rakyat)

KUR BRI menjadi jenis pinjaman paling laris di BRI hingga saat ini. Pasalnya, selain menyediakan limit pinjaman yang sangat besar, bunga yang dibebankan pun sangat kecil. KUR BRI endiri terbagi lagi atas:

  • KUR Mikro: pinjaman yang dikhususkan sebagai modal kerja ataupun investasi dengan limit pinjaman hingga Rp25 juta. Bunga yang ditawarkan ialah flat 7% per tahun tanpa biaya administrasi.
  • KUR Ritel: jenis kredit yang diberikan kepada pengusaha yang punya bisnis produktif. Minimal plafonnya ialah Rp25 juta hingga maksimal Rp500 juta dengan bunga flat 7% per tahun.
  • KUR TKI: kredit pinjaman yang dikhususkan untuk modal kerja TKI yang akan bekerja di negara asing. Kredit maksimalnya ialah 25 juta dengan bunga 7% pertahun dan maksimal pelunasan 3 tahun.

b)      Kartu Kredit BRI

Kartu kredit BRI lebih banyak dipilih karena jangkauan jaringannya sangat luas. Bahkan hingga ke pelosok desa sekalipun kita dapat menggunakan kartu kredit BRI tersebut untuk belanja di toko atau minimarket.

Hingga saat ini, setidaknya ada lima jenis kartu kredit yang diterbitkan oleh Bank BRI yaitu:

  • Corporate card
  • Kartu kredit pemerintah
  • Traveloka Pay Later kredit card
  • Kartu kredit cicilan 0%
  • Dan LOP (Loan on Phone)

c)      BRI Ceria

BRI Ceria merupakan produk kredit pinjaman berbasis aplikasi online fintech yang dapat diajukan tanpa agunan. Fitur yang ada didalamnya sudah mendukung berbagai merchant terkenal sehingga bisa checkout secara langsung saat belanja.

Dibandingkan aplikasi pinjaman lain, BRI Ceria menghadirkan cicilan dengan bunga yang ringan dan tenor yang cukup panjang hingga 12 bulan. Selain itu, limit pinjamannya pun bervariasi antara Rp500 ribu hingga Rp20 juta.

Baca juga: Kartu Kredit BRI TOUCH yang Membuat Hidup Lebih Mudah

Cara Pinjam Uang di Bank BRI dengan Mudah

Pinjam ke Bank BRI bisa dikatakan susah-susah gampang. Pasalnya, selain butuh riwayat kredit yang bagus, kita juga setidaknya punya agunan atau punya pekerjaan dengan gaji yang bagus. Jika tidak, tentu pihak bank tidak akan menyetujuinya.

1.      Lengkapi Semua Persyaratan yang Diperlukan

Apabila sebelumnya anda pernah meminjam uang di BRI tapi ditolak, maka tidak ada cara lain selain harus memenuhi persyaratan sebelum mengajukan ulang. Namun jika sama sekali belum pernah mengajukan, anda perlu menyiapkan beberapa dokumen berikut:

  • Dokumen pribadi: KTP / SIM, foto kopi Kartu Keluarga, foto kopi buku tabungan, foto kopi akta nikah (jika diminta).
  • Dokumen pendukung: bukti slip gaji selama 3 bulan terakhir, foto kopi surat kepemilikan usaha, surat rekomendasi dari perusahaan.
  • Formulir pengajukan pinjaman: bisa anda minta langsung ke kantor cabang BRI sesuai alamat KTP anda.

Note: formulir pinjaman harus disesuaikan dengan jenis pinjaman yang anda perlukan. Jenis formulir yang bisa anda minta ada tipe KUR, KPR, KTA, KKB, dan kartu kredit.

Apabila ketiga persyaratan yang sudah terkumpul, maka masukan dalam sebuah map khusus agar lebih rapi.

2.      Ajukan Kredit ke Kantor BRI

Datanglah ke kantor BRI sesuai alamat KTP anda sambil membawa map berisi dokumen yang telah disiapkan sebelumnya. Ambilah antrian bagian customer service lalu duduklah di tempat antrian. Setelah dipanggil, baru serahkan map tersebut ke karyawan Bank.

Nantinya, anda akan diinterview terlebih dahulu untuk mengetahui kelayakan kredit. Pastikan untuk menyampaikan secara detail dan jujur terkait pinjaman anda. Misalnya tentang tujuan pinjaman, gaji bulanan, jumlah tanggungan keluarga, dan prospek usaha anda.

Selanjutnya, tunggulah pihak bank memproses pengajuan pinjaman anda. Umumnya butuh waktu antara 1 minggu hingga 1 bulan bagi pihak bank untuk melakukan pengecekan.

Semoga informasi tentang cara pinjam uang di Bank BRI ini berguna bagi anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Leave a Comment