Cara Pinjam Uang di Bank BCA Agar Cepat Disetujui

BCA merupakan bank dengan kapitalisasi terbesar di Indonesia. Hingga kini, BCA terus memberikan beragam produk pinjaman yang selalu dibutuhkan oleh para nasabahnya. Nah, bagi anda yang ingin mencoba produk kredit dari bank tersebut, silakan simak informasi tentang cara pinjam uang di Bank BCA berikut ini.

Jenis Produk Pinjaman Bank BCA

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman ke bank, anda harus tahu terlebih dahulu tentang jenis-jenis produk pinjaman yang ditawarkan oleh BCA. Berikut merupakan produk kredit yang paling diminati saat ini:

a)      KTA BCA

KTA (Kredit Tanpa Agunan) merupakan pinjaman tipe personal loan yang tidak membutuhkan adanya jaminan atau agunan apapun. Jenis kredit satu ini termasuk yang paling laris dari sekian banyak produk kredit BCA lainnya.

Keunggulan utama dari KTA selain tidak membutuhkan suatu jaminan ialah pada plafon pinjamannya yang sangat besar hingga Rp100 juta. Sementara itu, tenor pinjamannya juga hingga 3 tahun sehingga lebih leluasa untuk dipakai untuk kebutuhan pribadi maupun untuk modal usaha.

b)      KPR BCA

KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) juga termasuk pinjaman yang sangat populer karena dibutuhkan oleh mereka yang ingin punya rumah tapi modalnya belum mencukupi. Dengan pinjaman ini, kita bisa mendapatkan plafon hingga Rp 5 miliar dan tenor hingga 20 tahun.

Berhubung pinjaman yang ditawarkan KPR sangat besar, maka dibutuhkan suatu agunan seperti sertifikat tanah atau rumah. Selain itu, kredit satu ini hanya diperuntukan untuk mereka yang usia maksimal saat pelunasannya ialah 60 tahun.

c)      KKB dan KSM

Pinjaman untuk tipe kendaraan dibagi menjadi 2 yaitu KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) yang dikhususkan untuk kendaraan besar seperti mobil dan truk dan KSM (Kredit Sepeda Motor) yang diperuntukan khusus untuk motor.

Plafon cicilan disesuaikan dengan tipe kendaraan yang dipinjam baik itu kendaraan baru atau second. Tenor maksimalnya ialah 5 tahun dengan agunan berupa BPKB dari kendaraan tersebut. Jadi sebelum lunas, BPKB masih ditahan oleh pihak BCA.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Bank BRI agar Lolos dan Cepat Cair

Cara Pinjam Uang di Bank BCA dengan Mudah

Berikut beberapa cara pinjam uang di bank BCA sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak Bank:

1.      Pilih Produk Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Pilihlah jenis pinjaman yang memang anda butuhkan. Misalkan anda butuh pinjaman untuk membeli kendaraan, maka pilihlah pinjaman KKB atau KSM. Bila butuh pinjaman untuk beli perumahan maka pilihlah pinjaman KPR.

Tak hanya itu, anda pun perlu memperhatikan profil pinjaman tersebut. Mulai dari limit pinjaman, masa tenor, bunga bulanan, denda keterlembatan, dan juga aturan-aturan lainnya. Dengan memahami itu semua, tentu anda dapat lebih bijak dalam memilih produk pinjaman.

2.      Lengkapi Persyaratan yang Diperlukan

Mengajukan pinjaman di bank tidaklah semudah yang kita kira. Jika ada satu persyaratan saja yang tidak terpenuhi, maka tidak akan lolos. Jadi, pastikan anda sudah memenuhi persyaratan berikut sebelum mengajukan pinjaman:

  • WNI (Warga Negara Indonesia) maupun WNA (Warga Negara Asing).
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun saat pelunasan.
  • Minimal penghasilan bulanan Rp3 juta, semakin banyak semakin bagus.
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk WNI.
  • Fotokopi KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara) untuk WNA.
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).
  • Fotokopi SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan).
  • Fotokopi cover depan buku tabungan.
  • Fotokopi slip gaji selama 3 bulan terakhir.
  • Fotokopi SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) bagi pebisnis
  • Fotokopi mutasi rekening 3 bulan terakhir.
  • Fotokopi sertifikat rumah atau tagihan bulanan.

3.      Ajukan Pinjaman di Kantor BCA Terdekat

Setelah persyaratan terpenuhi, datanglah ke kantor BCA terdekat untuk mengajukan pinjaman. Nantinya anda akan diminta untuk mengisi formulir pinjaman serta diinterview singkat tentang data pribadi dan perusahaan anda bekerja.

Setelah itu pihak Bank akan melakukan proses verifikasi. Biasanya butuh waktu antara 3 hari sampai 2 minggu. Setelah disetujui, anda akan diminta datang kembali ke kantor untuk melakukan akad persetujuan pinjaman untuk pencairan kredit.

Mudah bukan cara pinjam uang di bank BCA? Namun, apabila anda sudah mengajukan pinjaman tetapi gagal, maka anda dapat mengajukan ulang setelah 1-3 bulan semenjak pengajuan pertama. Tentunya dengan melengkapi persyaratan yang saat ini belum terpenuhi. Sampai jumpa  di artikel berikutnya!

Leave a Comment