10 Biaya Kartu Kredit Yang di Bebankan Kepada Pengguna

Biaya Kartu Kredit – Zaman serba canggih seperti sekrang ini semua perlu cepat, mudah dan simple dalam melakukan trasaksi. Tidak perlu banyak membawa uang cash untuk berbelanja. Jadi tidak perlu lagi takut kehilangan ataupun kecopetan dijalan.

Itu mungkin hanya beberapa saja dari sekian banyak kegunaan kartu kredit (credit card). Sebuah barang dengan bentuk kecil dan mudah dibawa kemana saja. Zaman sekarang sudah sangat trend di zaman serba canggih.

Manfaat Kartu Kredit

Kartu kredit memang sudah banyak memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk bertransaksi. Baik untuk melakukan pembayaran secara langsung atau melalui media online. Selain itu, dari pihak bank yang mengeluarkan juga seringkali memberikan penawaran menarik untuk memanjakan penggunanya.

Mulai dari diskon produk yang besar hingga bonus-bonus yang menguntungkan, sehinggga banyak pengguna kartu kredit tergiur tanpa memikirkan dampaknya. Banyak sekali keuntungan bisa didapat dengan menggunakan kartu kredit (credit card).

Namun sebagai pengguna kartu kredit tidak jarang belum mengenal mengenai administrasi yang ada pada kartu kredit. Ini biasanya selalu menimbulkan pertanyaan, terutama mengenai tagihan biaya yang dibebankan kartu.

[irp]

Bentuk Tagihan Biaya Kartu Kredit (Credit Card)

Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui

Meskipun Anda membayar tagihan kartu kredit tepat waktu, kadangkala masih saja ada biaya tambahan yang dikenakan. Hal ini juga membuat bingung pengguna karena ketidak tahuan.

Oleh karena untuk menjawab kebingungan dan tanda tanya di benak anda mengenai biaya apa saja yang dibebankan kepengguna kartu kredit berikut ulasannya.

1. Biaya Tahunan  

Biaya tahunan dalam menggunakan kartu kredit dibebankan ke dalam tagihan pertama. Kemudian tagihan tersebut dibayar ketika Anda telah menggunakan kartu kredit selama 1 tahun.

Biaya ini berbeda untuk setiap jenis kartu, seperti classic, gold, platinum, dan seterusnya. Besaran biaya tahunan yang dikenakan pun berbeda-beda tergantung bank yang menerbitkannya.

2. Biaya Materai

Sebagai pengguna kartu kredit anda juga akan dikenakan biaya materai. Seperti saat batas tertentu pemakaian kartu kredit, Anda akan dikenai biaya materai. Walaupun nilainya tidak terlalu besar hanya sekitar Rp3.000,00 atau Rp6.000,00 saja.

Namun itu tergantung lagi dengan jumlah pembayaran tagihan yang diminta oleh bank. Walaupun tidak terlelu besar tidak ada salahnya jika anda mengetahui.

3. Biaya Keterlambatan

Untuk yang suka terlabat dalam membayar biasanya akan dikenakan denda, begitu juga dengan kartu kredit.Anda akan dikenakan biaya keterlambatan jika terlambat melakukan pembayaran sesuai batas waktu yang telah tentukan.

Biasanya biaya keterlambatan (denda) dikenakan sekitar 3% dari total tagihan. Tapi ada juga dibeberapa penerbit kartu kredit yang menetapkannya dengan batas maksimum dalam penggunaannya.

4. Biaya Bunga

Bila Anda membeli sebuah barang dengan sistem kredit, biasanya bank akan mengenakan sistem bunga sebagai pembayarannya. Untuk batasan biaya ini diatur oleh Bank Indonesia dengan jumlah yang bisa berubah mengikuti kebijakan yang dikeluarkan.

Jadi jika anda berbelanja dengan menggunakan kartu kredit jangan bingung jika dalam pembayaran tagihan akan bertambah.

[irp]

5. Biaya Kartu Kelebihan (over limit)

Bila anda dalam menggunakan kartu kredit melebihi batas limit yang sudah ditentukan saat pembayarannya biasanya Anda akan kenakan biaya tambahan (denda).

Oleh karena itu anda harus mengotrol dalam penggunaannya jangan sampai over limit, jika tidak mau terkena biaya tambahan.

6. Biaya Kartu Kredit Tarik Tunai

Seperti narik tunai menggunakan debit cart (ATM), anda biasanya akan dikenakan biaya penarikan. Begitu juga bila anda melakukan penarikan uang tunai dengan kartu kredit juga akan dikenakan bunga antara 3-6% dari jumlah uang yang ditarik.

Besar kecilnya bunga tergantung dari bank yang mengeluarkan kartu kredit. Jika ingin menggunakan fasilitas ini, sebaiknya Anda memilih bank dengan bunga tarik tunai yang lebih rendah untuk menghindari biaya tarik tunai yang besar.

7. Biaya Konversi Mata Uang Asing

Bagi yang memiliki hobi jalan-jalan atau memiliki urusan ke luar negeri, pengunaan kartu kredit sering kali digunakan dengan mata uang asing. Disini anda akan dikenakan biaya untuk konversi mata uang asing.

Hal yang sama berlaku jika Anda melakukan belanja online di situs luar negeri, sehingga anda akan dikenakan biaya konversi mata uang Asing.

Namun, Biasanya pihak kartu kredit akan menawarkan nilai tukar mata uang dengan nilai yang bersaing. Sehingga, Anda tidak mengalami kerugian. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu promosi yang berhubungan dengan biaya tersebut.

[irp]

8. Biaya untuk Salinan Tagihan

Salinan tagihan pun menjadi beban yang perlu Anda bayar. Besarannya sekitar Rp5.000,00-Rp35.000,00.

Itu pun tergantung jenis kartu kredit Anda. Untuk menyiasatinya, Anda dapat meminta salinan tagihan melalui surel (email).

9. Biaya Pembatalan Cicilan

Biaya ini dikenakan bila Anda melakukan pelunasan awal transaksi cicilan sebelum jangka waktu cicilan berakhir.

Dalam proses ini untuk besar biaya pembatalan cicilan ini juga berbeda untuk masing-masing penerbit kartu.

10. Biaya Pengembalian Cek/Giro

Dikenakan pada Anda jika membayar tagihan kartu kredit dengan cek/giro yang harus diproses melalui kliring. Dalam proses biasanya pembayaran kartu kredit dengan cek giro akan di kenakan biaya.

Untuk besaran ini tergantung Bank yang mengeluarkan kartu kredit anda. Setelah mengetahui apa saja biaya yang dikenakan pada kartu kredit.

Selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan ulang untuk memiliki atau memperpanjangnya. Hitung biaya-biaya tagihan tersebut apakah sebanding dengan keuntungan yang Anda dapatkan.

[irp]

Saran!!

Sebelum menggunakan kartu kredit, sebaiknya anda ketahui dulu Biaya-Biaya yang akan dikenakan kepada. Agar nantinya tidak menyulitkan anda dalam pembayaran tagihan.

Karena Dalam menggunakan kartu kredit, anda tidak cuma dibebankan biaya iuran bulanan saja. Akan Tetapi ada juga sejumlah biaya kartu kredit yang perlu anda katahui selain yang sudah disebutkan di atas.

Bagi yang belum siap secara finansial sebaiknya jangan menggunakan kartu kredit terlebih dahulu, sebab ini akan memberatkan anda dalam pembayaran tagihannya dan bisa saja anda akan mengalami kesulitan finasial karena terlilit hutang.

Leave a Comment