5 cara mudah membuat bunga kertas di rumah

5 cara mudah membuat bunga kertas di rumah

zonkeu.com – 5 cara mudah membuat bunga kertas di rumah –¬†Menghabiskan akhir pekan di rumah bersama keluarga memang sangat menyenangkan. Selain menonton film, ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan. Salah satu aktivitas yang bisa kamu coba adalah crafting.

Selain untuk menularkan bakat atau hobi, crafting juga bisa menjadi bisnis yang menggiurkan. Salah satu kerajinan yang banyak diminati adalah membuat bunga origami. Bunga kertas ini biasanya digunakan untuk memperindah interior rumah.

Anda tidak membutuhkan bahan mahal untuk membuat bunga kertas. Anda dapat menggunakan kertas yang tidak Anda gunakan di rumah. Oleh karena itu, kegiatan ini dapat membantu mengurangi dampak sampah yang seringkali menjadi masalah.

Lantas, bagaimana cara membuat bunga dari kertas dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya?

Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Krap

Ada beberapa jenis kertas yang bisa digunakan untuk membuat bunga, salah satunya adalah kertas pahit. Selain itu, ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan sebelum membuat mawar kertas Anda.

Ada beberapa jenis kertas yang bisa digunakan untuk membuat bunga, salah satunya adalah kertas pahit. Selain itu, ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan sebelum membuat mawar kertas Anda.

  • Kertas krep
  • ¬†Kertas pelipit hijau
  • Benang
  • Gunting
  • Lem
  • Lidi

Cara membuat bunga dari kertas krap:

1. Langkah pertama yaitu potong kertas krep menjadi beberapa buah kelopak bunga dengan ukuran besar. Setelah itu siapkan juga potongan lainyya, untuk membuat kuncupnya.

2. Setelah selesai memotong beberapa kertas, Anda sudah dapat merangkai potongan-potongan kertas krep menjadi mahkota bunga mawar. Caranya, Anda hanya perlu menempelkan satu per satu potongan mahkota pada kuncup yang telah Anda buat tadi. Tempelkan dengan cara berlapis, sampai membentuk bunga mawar.

3. Tambahkan beberapa lembar potongan mahkota bunga yang agak besar dan langkah berikutnya ialah membuat kelopak bunga mawar. Untuk membuat kelopak bunga mawar, caranya cukup mudah yaitu potong kertas krep yang berwarna hijau menjadi bentuk bintang empat. Potong dua kali agar tebal, kemudian rekatkan keduanya setelah diberi lem. Kemudian lubangi bagian tengahnya dan masukkan tangkai lidi, lalu Ikat dengan benang.

5. Setelah diikat, proses selanjutnya yaitu melilitkan kertas pelipit hijau pada kelopak dan tangkai bunga yang sebelumnya sudah jadi.

6. Proses terakhir yaitu lengkungkan bagian tepi bunga dengan menggunakan lidi.

Cara Membuat Bunga Tulip dari Kertas Krap

Selain bunga mawar, Anda juga dapat menggunakan kertas krap untuk membuat bunga tulip. Adapun alat dan bahan yang Anda butuhkan ialah sebagai berikut:

– Pensil

– Kertas krap

– Gunting

– Lem kertas

– Kertas Koran

– Kawat kecil

– Solasi berwarna

– Pot

– Benang

– Penggaris

Setelah menyiapkan beberapa bahan diatas, berikut cara membuat paper flower yang mudah :

1. Terlebih dahulu siapkan kertas krep berukuran 6 x 10 inci. Kemudian Potong kertas tersebut menjadi 5 bagian dengan ukuran masing-masing 2 x 6 inci.

2. Setelah itu, ambil salah satu kertas lalu lipat bagian tengahnya dan pelintir hingga membentuk kelopak bunga tulip.

4. Lakukan langkah tersebut untuk keempat kelopak lainnya hingga bunga tulip terdiri dari 5 kelopak.

5. Langkah berikutnya yaitu buat tangkai bunga dari kertas koran yang digulung dengan ukuran sesuai keinginan.

7. Kemudian ikatlah antara bunga yang satu dengan yang lainnya menggunakan benang.

8. Agar terlihat makin cantik, tutuplah tangkainya dengan kertas krap atau dengan solasi warna.

Cara Membuat Bunga Lavender dari Kertas Origami

Selain menggunakan kertas bekas, kamu juga bisa membuat origami bunga. Berikut cara membuat bunga lavender dengan bahan yang anda butuhkan dan origami.

1. Terlebih dahulu sediakan kertas berwarna hijau dengan ukuran 9 x 30 cm dan 7 x 8 cm, serta kertas berwarna merah jambu atau ungu berukuran 8 x 30 cm.

2. Setelah itu gulung kertas hijau tersebut untuk membentuk tangkainya, rekatkan sisa kertas pada ujung gulungan menggunakan lem. Kemudian rapikan ujung tangkai dengan cara memotong sedikit kedua ujung tersebut.

3. Selanjutnya, lipat kertas berwarna merah jambu tersebut secara horizontal dan potong bagian yang dilipat hingga membentuk rumbai-rumbai. Buka lipatan kertas, lalu lipat kembali secara horizontal ke sisi sebaliknya. Jangan lupa rekatkan lipatan menggunakan lem.

4. Langkah berikutnya yaitu gulung kertas berwarna merah jambu tersebut dengan tangkai, rekatkan dengan lem. Lalu tutup bagian bawah gulungan dengan kertas hijau yang telah dipotong zig zag menyerupai rumput.

Cara Memabuat Bunga Matahari dari Kertas Origami

Origami bisa membuat banyak jenis bunga, termasuk bunga mawar. Jika anda ingin membuat origami bunga matahari, perhatikan bahan berikut dan cara membuatnya.

1. Siapkan kertas origami, kemudian bagi menjadi empat. Setelah itu ambil selembar kertas origami berukuran kecil dan bagi dua sehingga membentuk segitiga. Buka segitiga tersebut, lalu lipat satu sisi kertas ke tengah. Balik dan lipat sisi yang lain ke tengah.

2. Lipat ujung yang runcing ke atas dan lipat ujungnya keluar. Buat hingga 8 buah.

3. Selanjutnya, buat lingkaran berukuran sedang di atas kertas asturo, gunting. Lalu lem kertas origami yang sudah dibentuk di sekeliling lingkaran dan tempel sedotan di bagian belakang lingkaran.

Cara Membuat Bunga Krisan dari Kertas Origami

1. Siapkan kertas origami berwarna putih, orange dan hijau (kamu bisa menambahkan warna lain sesuai dengan selera), siapkah juga lidi atau tusuk sate yang berukuran agak panjang untuk digunakan sebagai tangkai bunga.

 

2. Potong kertas origami untuk membuat mahkota bunga, lingkaran bunga atau benang sari dan juga untuk membuat tangkai bunga. Kemudian ambil kertas origami berwarna hijau yang sudah digunting, beri lem kertas dan ratakan dan gulung pada lidi hingga membentuk menyerupai tangkai.

3. Selanjutnya, lipat kertas origami warna orange menjadi dua bagian, lalu gunting berjajar. Untuk membuat mahkota bunga, lipat kertas origami warna putih menjadi beberapa lipatan, kemudian gunting membentuk mahkota bunga.

4. Lilitkan kertas berwarna orange yang telah digunting pada tangkai yang sudah dibuat. Pada bagian ini beri lem tembak agar jauh lebih kuat dan pasang mahkota putih satu per satu secara melingkar sehingga kita peroleh rangkaian mahkota yang pertama dengan jumlah 6 helai mahkota bunga.

5. Langkah berikutnya yaitu kelopak bunga sebagai dudukan bunga. Gunting kertas origami berwarna hijau tua, buatlah bintang kemudian lubangi tengahnya dan masukkan tangkai dan beri lem tembak pada bawah bunga. Lalu tempelkan pada kelopak bunga dan lipat setiap sisi kelopak bunga.

6. Kemudian buatlah mahkota bunga menjadi mekar dan buat serangkaian bucket bunga lalu tempatkan di dalam vas bunga.